Obati Penyakitmu dengan Sedekah!

“Bentengi Hartamu dengan Zakat, Obat Orang Sakit dari Kalanganmu dengan Sedekah dan Persiapkan Do’a untuk Menghadapi Datangnya Bencana”. (HR. Tabrani).

Hadits di atas cukup menarik. Jika kita kaji, maka tidak diragukan kebenarannya. Sebagai contoh, “Bentengi Hartamu dengan Zakat.” Jika itu dilaksanakan, insya Allah kita akan aman. Satu motif kejahatan adalah karena faktor ekonomi. Dengan zakat, faktor ekonomi untuk melakukan kejahatan jadi berkurang bahkan hilang. Dan Allah sebagai Maha Pelindung niscaya akan melindungi kita jika melaksanakan perintahnya. Allah Maha Menepati janji.

Demikian pula cara mengobati penyakit dengan bersedekah.

Mungkin sulit bagi kita untuk memahaminya. Tapi kita harus paham bahwa Allah yang sebetulnya menyembuhkan kita. Nabi Ibrahim berkata:

“Dan apabila aku sakit, Dialah Allah Yang menyembuhkan aku” [Asy Syu’araa’ 80]

Allah senang pada orang yang suka bersedekah. Jika Allah senang pada orang itu, niscaya Dia akan menyembuhkan orang itu saat berdoa minta kesembuhan.

Sebaliknya Allah benci pada orang yang kikir, pelit, atau bakhil.

“(yaitu) orang-orang yang kikir, dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan.” [An Nisaa’:37]

Nah Allah menjanjikan siksa yang menghinakan bagi orang yang kikir. Selain siksa di neraka, bisa jadi berupa sakit yang berkepanjangan.

Dari logika, orang yang gemar bersedekah umumnya tidak terlalu mencemaskan hartanya. Sehingga pikirannya tenang dan lapang. Pikiran yang tenang merupakan satu sebab untuk hidup sehat.

Sebaliknya orang yang kikir atau pelit biasanya selalu takut jika hartanya berkurang/hilang. Pikirannya tidak tenang. Itu merupakan satu sumber penyakit.

Sesuai sabda Nabi di atas, jika anda sakit, selain berobat dengan bekam dan herbal, bersedekahlah. Semoga Allah SWT menyembuhkan penyakit anda.

Iklan

2 Tanggapan

  1. terimakasih pencerahannya, saya izin copas yah

  2. pengetahuan yang bermanfaat.. kami izin copy ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: