Bekam di Kepala: Cukur Habis Apa Dikerik?

Bekam di Kepala

Pembahasan ini khusus untuk pasien bekam pria. Banyak orang yang merasa enggan digundul habis saat hendak bekam di kepala. Maunya cuma dikerik saja. Ini karena mereka malu jika botak. Tidak PD kalau kepalanya gundul.

Padahal sih menurut pendapat saya pribadi, sebaiknya dibotak habis. Jangan cuma dikerik. Kenapa? Ada beberapa alasan yang bisa kita pertimbangkan.

Pertama jika cuma dikerik, artinya di sekitar tempat bekam ada rambut yang panjang dan lebat, khawatirnya ada darah yang tertinggal. Yang harus kita pahami, darah itu adalah najis. Jika ada najis di tubuh kita, berarti sholat kita tidak sah. Ini sebetulnya alasan yang amat penting dan tidak perlu lagi kita melihat alasan2 berikutnya jika kita memperhatikan masalah najis dan keabsahan sholat kita.

Kedua, saat Tahallul waktu umroh atau Haji, Nabi menyarankan sahabat untuk dicukur habis hingga gundul sebanyak 3 kali. Setelah itu yang ke 4, setelah sahabat tsb bertanya berulangkali apakah dipotong sedikit tidak apa, baru Nabi menjawab dipotong sedikit juga tidak apa. Artinya dibotak habis itu 3x lipat lebih utama daripada sekedar memotong beberapa helai rambut.

Nabi Muhammad SAW berdoa:

“Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana kalau cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat balik bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Beliau masih bersabda, “Ya Allah, ampunilah mereka yang menggundul habis.” Para sahabat kembali bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana cuma sekedar memendekkan?” Baru beliau menjawab, “Dan juga bagi yang memendekkan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ketiga, dengan dibotak, anda bisa membersihkan kulit kepala anda sehingga benar-benar bersih dan bebas dari ketombe. Daripada beli shampo atau obat anti ketombe yang mahal, kenapa tidak anda botak saja rambut anda kemudian membersihkannya dengan serius saat keramas? Jika perlu menggosok kepala dengan spons yang biasa digunakan untuk membersihkan piring.

Keempat, dengan dibotak habis, ada beberapa titik bekam di kepala yang bisa dilakukan. Bukan cuma Ummu Mughits. Tapi juga Yafukh, Qomah Duwah, dsb.

Saat mandi dan air mengenai kepala, ada sensasi tersendiri. Air mengalir tanpa hambatan.

Mengingat kita dibekam di kepala paling 1-2 tahun sekali, tidak ada salahnya jika sesekali dibotak habis. Saya dulu juga malu kalau botak. Kalau sekarang, meski tetap kurang nyaman kan bisa pakai topi atau peci? Dalam sebulan, rambut kita sudah tumbuh kembali. Jadi “penderitaan” botak anda cuma 1 bulan saja. Tapi manfaatnya amat besar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: