Olahraga Mencegah Stroke

bekam1

Pak Hadi (6o tahun) bekam dgn keluhan pegal dan pusing. 7 tahun lalu tensinya sempat 230/130. Dokter saja sempat kaget karena dia masih bisa jalan. Hanya pegal dan pusing. Tidak sempat stroke. Mungkin karena sebelumnya rajin olahraga berenang meski tidak rutin. Kadang tiap minggu. Kadang 3 bulan baru berenang. Meski demikian, setahun baru dia bisa pulih kembali.

Sekararang dia rutin minum obat pelebar pembuluh darah Captopril, katanya. Seminggu sekali jalan cepat selama 45 menit sejauh 5 km di kebun raya Bogor. Rutin juga bekam meski terakhir sudah 3 bulan tidak bekam sehingga berasa pegal dan pusing.
Saat ini tekanan darah paling 140-an saja. Untuk orang umur 60 tahun, termasuk sehat. Adik sepupunya umur 42 tahun sudah meninggal karena stroke, katanya. Padahal tekanan darah baru 170.

bekam2

Pasien saya yang lain, pak Heri juga terhindar dari stroke meski tekanan darahnya pernah mencapai di atas 200. Ini juga karena pak Heri rajin berjalan cepat. Jalan cepat selama 30-60 menit per hari dengan nafas yang teratur insya Allah efektif mencegah stroke. Olahraga ini juga untuk membakar lemak dan karbohidrat yang ada di dalam tubuh kita sehingga mereka tidak membahayakan kita.

Sebaliknya orang yang malas berolahraga, mudah terkena stroke. Meski tensi darah mereka normal di 120. Meski jarang, ada terjadi seperti itu. Jadi gunakan kaki untuk berjalan agar terhindar dari lumpuh karena stroke.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: