Bekam Sebaiknya Rutin Sebulan Sekali

DarahBekam

Jika umur masih 20 tahun, mungkin bekam belum terlalu perlu meski jika dilakukan lebih baik. Apalagi jika punya keluhan seperti pegal dan pusing. Jika umur sudah 40 tahun ke atas, sebaiknya rutin bekam setiap bulan.

Banyak orang yang salah paham mengira bekam itu pengobatan sekali seumur hidup. Begitu enak, kemudian beberapa bulan penyakitnya kumat lagi, dianggap bekam tidak ampuh. Bukan begitu.

Kita lihat bagaimana orang yang menderita penyakit darah tinggi diharuskan minum obat setiap hari oleh dokter. Atau orang yang ginjalnya rusak divonis harus cuci darah seminggu 3x. Jika tidak dilakukan, dia akan sakit. Nah bekam juga seperti itu khususnya bagi orang yang menderita penyakit kronis seperti darah tinggi dan diabetes. Minimal sebulan sekali. Semalas-malasnya bekam, usahakan bekam 3 bulan sekali. Jangan ibaratnya menunggu motor atau mobil rusak. Kalau motor dan mobil rusak, kita bisa beli onderdilnya dengan mudah. Kalau organ tubuh kita rusak, beli di mana?

Buat yang skeptis akan bekam, di kedokteran modern pun sudah diakui manfaat membuang darah lewat donor darah (blood donation) atau phlebotomy. Nah bekam juga seperti itu. Bahkan lebih karena bukan cuma darah yang dibuang, tapi semua zat penyebab sakit. Contoh di foto di atas ternyata ada juga air atau cairan yang tersedot keluar. Padahal itu cuma bekam kering 3 menit ditambah bekam basah 5 menit. Jika tak ada darah kotor atau zat penyebab sakit, paling cuma keluar 2-3 titik darah. Tidak lebih.

Syarif (48 thn) berkata, kenapa nggak dari dulu dibekam ya? Leher dan bahunya kaku. Tensi darah 141 / 108.
Usai dibekam sekitar 40 menit terheran2. Kok bahu dan leher yang serasa ada beban berat tiba2 terasa ringan?

Darah yg keluar cukup banyak. Itu yg membuat tekanan darah begitu tinggi. Yang paham Fisika Dasar atau biasa memompa ban tentu paham. Bukan cuma darah yang keluar. Tapi juga air sekitar 3 mm tebalnya. Terkadang ada cairan memenuhi paru2 yang membuat flex dan sesak nafas. Bekam menyedot cairan yg ada di pinggiran. Saat itu kosong, cairan di paru2 pindah ke situ shg sesak nafas hilang. Bunyi nafas yg berat juga hilang.

Saat darah kita diperiksa di rumah sakit karna sakit berat, dokter akan menjelaskan dari cek darah tsb kita sakit karna ini itu. Bekam membuang darah yg bermasalah tsb. Ada yg sekali bekam sembuh. Ada juga yg harus 3-4 x bekam baru sembuh.

Dari Samurah Ra: Rasulullah SAW bersabda.:
“Sebaik-baik pengobatan penyakit adalah dengan melakukan bekam” [HR Ahmad V/9,15,19, Al-Hakim IV/208]

Dari Abdullah bin Mas’ud Ra, Rasulullah SAW menceritakan ketika beliau di Isra’kan, tidaklah beliau melewati sekumpulan Malaikat melainkan mereka menyuruh,” Perintahkanlah ummatmu untuk berbekam” [HR At-Tirmidzi no. 2052, Shahiih Sunan At-Tirmidizi II/204 no. 1672]

Dari Abu hurairah Ra: Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang ingin berbekam, hendaklah ia berbekam pada tanggal 17,19,21 (bulan Hijriyyah), maka akan menyembuhkan setiap penyakit” [HR. Abu Dawud no. 3861 Al-Hakim, Al-Baihaqi IX/340]

https://www.alodokter.com/ciri-ciri-paru-paru-basah-dan-cara-mencegahnya

Paru-paru basah sebenarnya adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya peradangan pada paru yang menyebabkan terbentuknya timbunan cairan di jaringan paru.

https://bekamasysyifaholistik.com/2018/07/11/hadits-tentang-bekam/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: