Cara Nabi Menjaga Kesehatan dan Berobat

bekam

Sehat adalah nikmat terbaik kedua setelah iman:

Rasulullah SAW: Mohonlah kepada Allah kesehatan. Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan. (HR. Ibnu Majah)

Meski kaya, tapi jika sakit seperti lumpuh/buta karena stroke/diabetes, niscaya tidak nyaman.

Ternyata dalam Islam, Nabi sudah mengajarkan kita cara merawat kesehatan. Dari berbagai hadits kita ketahui Nabi tidak pernah sakit berat selama hidupnya kecuali saat sakarotul maut. Nabi fisiknya sangat bagus sehingga tidak ada yang mampu mengalahkannya bergulat. Nabi kerap memimpin pasukan perang. Bahkan pasukan militer terbesar saat itu, Romawi, tidak berani berperang melawan Nabi di Tabuk.

Bagaimana cara Nabi menjaga kesehatan?

Salah satunya adalah dengan rutin berbekam. Darah kotor Nabi dikeluarkan (sekitar 2,5%). Dalam 3 hari, tubuh segera memproduksi darah baru yang segar dan bersih.

Kita tahu bahwa darah tinggi/stroke terjadi karena penggumpalan darah. Kenapa tidak dibuang lewat bekam darah menggumpal tersebut? Berbagai penyakit seperti Kolesterol, Asam Urat, Gula Darah, dsb dideteksi karena kandungannya dalam darah sangat tinggi. Kenapa darah kotor/berpenyakit tersebut tidak dibuang secara bertahap dan diganti dengan darah baru yang bersih?

Dari Ibnu Abbas r.a. Rasulullah bersabda: “Kesembuhan (obat) itu ada pada tiga hal: dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan dengan besi panas. Dan aku melarang ummatku dengan besi panas.” (HR Bukhari)

Dari Anas bin Malik ra.: Nabi bersabda: Sebaik-baik obat yang kamu gunakan adalah berbekam, atau: Berbekam adalah obat yang paling baik bagimu. (HR Muslim)

Dari Ibnu Abbas ra bahwa Nabi SAW pernah berbekam dalam keadaan ihram dan pernah berbekam sewaktu berpuasa. (HR Bukhari).

Dari lebah keluar madu yang merupakan obat bagi manusia.” [An Nahl 69]. Ternyata madu selain nutrisinya sangat tinggi juga mengandung antiseptik, antioksidan dan antibakteri serta obat yang berkhasiat.

Dari Abu Hurairah ra.: Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya pada jintan hitam (Habbatus Saudah) terdapat obat untuk segala penyakit kecuali mati. (HR Muslim)

Ternyata dalam Habbatus Saudah terdapat berbagai zat obat seperti Omega 3, Omega 6, Omega 9 yang melancarkan peredaran darah, Phytosterol anti tumor, Thymoquinone (anti kanker), Arginin (meningkatkan imunitas), dsb.

Minyak Zaitun (At Tiin 1) ternyata bermanfaat untuk melancarkan pernafasan, fungsi usus, dan menurunkan kolesterol/darah tinggi.

“Makanlah kalian dengan buah Zaitun/ minyak zaitun dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya (Zaitun) dari pohon yang diberkahi” (Al-Baihaqi & Ibnu Majah).

Biasakanlah minum Madu, Habbatus Saudah, dan Minyak Zaitun setiap hari agar daya tahan tubuh lebih kuat dan organ seperti usus, ginjal, hati, dsb tidak mengalami kerusakan.

Saat sakit, coba terus makan dengan teratur. Jika tak ada nafsu makan, coba minum Madu dan Sari Kurma 2 sendok makan setiap 2 jam.

Islam mengajarkan kita untuk ikhtiar, doa, dan tawakkal kepada Allah serta selalu sabar dan syukur sehingga pikiran tenang dan tidak stress. Sebagian penyakit berasal dari pikiran. Oleh karena itu hendaklah kita menjaga pikiran kita agar tenang selalu. Lakukan shalat malam dan juga dhuha secara teratur. Hendaklah bibir senantiasa basah karena berdzikir kepada Allah.

Allah memerintahkan kita makan makanan yang halal dan baik dan tidak berlebihan. Makanan harus seimbang antara karbohidrat, lauk/protein, sayur, buah-buahan, dan susu.

Makanlah dengan tangan. Mungkin kita menganggapnya kotor. Tapi tangan bisa jadi alat untuk mendeteksi apakah makanan terlalu panas, pedas, atau ada durinya.

Dikunyah di mulut 33x agar perut dapat mencernanya. Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Perut diisi 1/3 dengan makanan, 1/3 air, dan 1/3 udara. Puasa Senin-Kamis.

Nabi memerintahkan ummat Islam berolahraga sehingga bukan cuma sehat, tapi juga kuat melawan musuh.

Tidur harus cukup yaitu 8 jam/hari, sementara 8 jam lain untuk kerja, dan 8 jam lain untuk keluarga dan ibadah.

Kita harus yakin setiap penyakit ada obatnya dan Allah yang menyembuhkan. Tanpa keyakinan bahwa Allah Maha Menyembuhkan, obat sebaik apa-pun tidak bisa menyembuhkan.

Obati penyakitmu dengan sedekah:

“Bentengi Hartamu dengan Zakat, Obat Orang Sakit dari Kalanganmu dengan Sedekah dan Persiapkan Do’a untuk Menghadapi Datangnya Bencana”. (HR. Tabrani).

Demikian sekedar “seayat” dari ajaran Islam tentang hidup sehat cara Nabi Muhammad SAW.

Rumah Bekam dan Herbal Asy Syifa Holistik

Jl. Otista III, Komp. I No. 27

Telpon 081311227215

https://bekamasysyifaholistik.wordpress.com

Iklan

5 Tanggapan

  1. makasi mas buat informasinya..
    semoga bisa bermanfaat buat saya..
    n_n

  2. Pak, mau tanya, berapa biaya bekam dan apakah bisa kiropraki juga? dan berapa biayanya. terima kasih

  3. Kami tidak pasang tarif. Semampunya.
    Untuk pria ada Pembetulan Tulang Belakang (semacam Kiropraksi). Untuk wanita tidak.

  4. adakah pengobatan ntuk penderita kurang pendengaran,sbb bkn dr bawaan lahir tp dikarenakan sakit telinga dan sering mengorek dengan bulu ayam.kata spesialis THT gendang y udah pecah.trima kasih

  5. Terimakasih Pak untuk informasinya. Bekam memang salah satu terapi alternatif yang sangat baik untuk kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: