Dibekam Tidak Keluar Darah atau Sedikit Sekali Darahnya yang Keluar?

DarahBekamTidakKeluar

Ada pasien yang setelah beberapa bulan tidak bekam, akhirnya balik lagi. “Saya bekam di satu tempat, tapi darahnya tidak keluar”, katanya.

Tidak keluarnya darah bekam karena berbagai faktor. Bisa karena teknik bekam kurang benar seperti kurang titik atau kurang tarik. Bisa juga karena di tempat yang ditarik itu tidak ada darah kotornya. Ibarat gali sumur air, jika tidak pas titiknya ya tidak keluar air.

Jadi harus paham titik sunnah, titik pengembangan, dan titik terlarang. Perhatikan juga keluhan pasien, dan rabalah badan pasien jika perlu agar didapat titik yang tepat.

Loh, apa ada titik yang terlarang? Ada. Menurut Ustad Kathur, di antaranya adalah di belakang lipatan kaki, di mana ada orang yang lumpuh setelah dibekam. Benjolan pun jangan dibekam langsung agar virus dan bakterinya tidak menyebar ke mana-mana.

Orang yang darah tinggi, biasanya tekanannya juga tinggi sehingga darah yang keluar juga banyak. Saat saya bekam, ternyata darahnya keluar banyak dan dia juga puas sebab keluhannya juga berkurang atau hilang.

Keluhan bapak tersebut adalah darah tinggi dan kolesterol yang membuat penggumpalan darah. Sehingga leher dan badan berasa pegal dan kepala berasa berat atau pusing. Jika keluarnya sedikit dan keluhan ada, ya mau tidak mau dia akhirnya bekam lagi sehingga darah kotornya bisa keluar dan keluhannya hilang.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: